Panduan patah hati

Senin, 22 Juni 2009


The Breakup Book
Diane Mastromarino

Buku ini adalah salah satu buku favorite yang gue baca saat gue mengalami putus cinta, dan menurut gue buku ini sangat worth it untuk dibaca khususnya untuk para wanita . . Ada beberapa bab yang gw suka, seperti :


Merasa sedih boleh-boleh saja
Merasa sedih benar-benar sah-sah saja. Tidak ada alasan untuk menyunggingkan senyum konyol untuk meyakinkan dunia bahwa kau baik-baik saja.*Kau perlu memberi peluang bagi kejadian ini untuk meresap dan menjadi nyata bagimu. Meresapinya mungkin memerlukan waktu sehari atau sepanjang akhir pekan atau bahkan seminggu. Sekarang ini, satu-satunya orang yang penting adalah dirimu. Jika kau terus memendam perasaanmu, kau tidak akan bisa memulai proses penyembuhanmu. jadi, lepaskan perasaan itu, dan jangan takut merasa sedih.

Tarik kedua lututmu kedekat dadamu dan rengkuh erat dengan kedua lenganmu agar kau tidak hancur berantakan. Kemudian, perlahan-lahan lepaskan pelukanmu. kau pasti mendapati bahwa dengan kedua kaki lurus di depanmu, dengan tungkai, lengan dan kaki bebas gerak, kau masih tetap utuh.

Ini adalah bagian dari penerimaan, kesadaran bahwa hubungan ini telah berakhir-dan ajaibnya, kau masih hidup.

Inilah rencananya
Sudah tiba waktunya bagimu untuk mengatur kembali kehidupanmu. jangan coba melakukan segalanya dengan terlalu cepat-sesungguhnya, hal itu tidak akan terjadi dalam semalam. Saat kau terjaga besok pagi hatimu pasti masih terasa sakit. Namun berita baiknya adalah bahwa setiap hari, sakit hatimu pasti sedikit berkurang. Asalkan kau terus maju kedepan dan terus memandang hari esok, kau pasti berhasil melalui masalah ini.

Jangan menyerah pada perasaan tidak berdaya. Ada berbagai hal yang bisa kau lakukan untuk membantu dirimu melalui masa ini. Bukannya memusnahkan segenap pikiranmu kepadanya, ingatkan dirimu akan semua orang didalam hidupmu yang memperdulikan dirimu. Biarkan mereka menghiburmu. Tetapi, yang bahkan lebih penting lagi, belajarlah menghibur dirimu sendiri. jangan biarkan dirimu percaya bahwa kau bukan apa-apa tanpanya. Pikirkan kembali segala masa bahagia yang pernah kau miliki bahkan sebelum kau bertemu dengannya. Kenangan itu adalah bukti bahwa kau bisa bahagia seorang diri.

kau pasti sanggup melaluinya. Terus saja beritahukan hal itu kepada dirimu sendiri hingga kau mulai mempercayainya.

Dua mangkuk es krim satu sendok
walaupun pendapat publik mengatakan bahwa setelah putus hubungan, sebaiknya kita langsung pulih kembali, melupakannya, bersosialisasi, dan melanjutkan kehidupan, tetapi kita semua memerlukan waktu untuk berduka, waktu menghibur diri dengan meringkuk diranjang. Sekarang, kau berada ditempat yang sulit dan kau tak bisa mengesampingkan perasaanmu dan berharap agar cepat pulih. akan memerlukan sedikit waktu menjauhi dunia agar kau bisa terjun kembali didalamnya. Maksudku bukanlah bahwa kau akan bertahan hidup dalam setahun dengan menyantap tiga puluh galon chocolate fudge swirl, menonton 365 kisah cinta yang tragis, dan memakai kaos oblong lusuh milik mantan pacarmu, sepasang celana flanel, dan sendal empuk. beberapa hari, bahkan seminggu untuk bermanja-manja jelas diperbolehkan untuk mengobati hatimu, tetapi ini hanya periode istirahat, masa untuk mengetahui cara menghadapi situasi ini ketika berhadapan muka dengannya supaya kau bisa melanjutkan sisa hidupmu.

Terimalah.. bahwa kesunyian memiliki kualitas untuk penyembuhan. Suatu masa sendirian dengan diri sendiri mengizinkan introspeksi, refleksi, pertumbuhan, dan perkembangan batin. Kehampaan dan kekosongan digantikan oleh kepenuhan dan kekuatan batin. Kau telah melakukan langkah raksasa menuju kemandirian saat kau merasa nyaman ketika sendirian, tidak lagi bergantung kepada keberadaan orang lain.

- Bruce Fisher

Ambil cuti pribadi sehari dari kantor atau sekolah dan tidurlah hingga siang. Mandilah dan berendamlah lama dan habiskan semua air panas. Ini adalah masa egois untuk mengurus dirimu sendiri. Isi penuh bukan hanya satu, tetapi dua mangkuk eskrim favoritmu, bersantailah disofa, dan bersenang-senanglah. Sewalah film kisah cinta klasik atau bacalah buku favoritmu. Jika kau merasa sedih, menangislah. Jika kau merasa marah, naiklah keranjangmu dan marah-marahlah seperti anak kecil. Inilah masa kesendirianmu untuk melepaskan segala energi negatif dan berdamai dengan perubahan di dalam hidupmu . Perbuat apapun yang perlu kau lakukan sekarang ini untuk membuat hatimu merasa lebih baik, tetapi ingatlah bahwa ini benar-benar sementara - kau bahkan bisa menggolongkannya sebagai momen sepintas lalu. Kau perlu segera bangkit dari sofa, membuang kaus oblong yang lusuh itu, dan menyadari bahwa dunia tidak berhenti berputar karena kau sakit hati. Dunia akan terus berlanjut entah kau memilih ikut berlanjut dengan berputarnya waktu atau tidak, jadi lebih baik sekalian kau ikut berkelana.

Meskipun kehilangan orang terkasih yang tak diinginkan terjadi di dalam kehidupan semua orang, masing-masing dari kita memilih cara merespons terhadap kehilangan tersebut. Setelah kita menderita, menangis hingga air mata kita kering, dan membenci dunia dan segalanya yang ada di dalamnya, tibalah suatu titik didalam hidup kita di mana kita harus memilih cara merespons terhadap apa yang diberikan oleh kehidupan kepada kita.
- Barbara Hansen, Ph.D.

Kau lebih beruntung daripada dugaanmu
Meskipun kau merasa sedih saat dia pergi dan kau menggunakan berlembar-lembar tisu untuk menyeka air matamu, kau harus ingat satu hal luar biasa yang menyangkut semua ini.. Kau telah mencintai. ketika cinta datang, tidak ada janji bahwa cinta akan tetap ada selamanya. Tidak ada kontrak yang menjamin setidaknya cinta bertahan selama 10 tahun atau tidak ada hati yang patah. jatuh cinta sama seperti jatuh kebelakang dan berharap agar seseorang menangkapmu. Kadang kau beruntung, tetapi kali berikutnya, kau terjatuh ke lantai dengan benjol dan perasaan sangat kecewa.

Beberapa orang didunia ini terus-menerus mencari jenis cinta yang pernah kau miliki di dalam hubunganmu. Sebagian orang sama sekali tak pernah menemukan orang lain untuk berbagi bagian apa pun dalam hidup mereka. Ya, putusnya hubungan kalian membuatmu sedih, tetapi pikirkanlah orang-orang yang menjalani kehidupan mereka sendirian, tak pernah merasakan kebahagiaan yag kau nikmati, bahkan jika hanya sebentar saja. Seharusnya kau membendung air matamu dan menikmati keberuntunganmu. kau cukup beruntung karena pernah mencintai.

Pusatkanlah perhatianmu kepada hal-hal yang baik. Ingatlah ketika hubungan kalian merupakan pengalaman penuh cinta, kemudian relakan kepergian satu sama lain tanpa kesinisan. Kehidupan adalah perjalanan yang tak bisa kau rencanakan yang mengajarimu untuk mengingat jati dirimu. Kita memilih kehidupan kita dan segalanya terjadi untuk belajar dan bertumbuh.
- Suzanne Somers

Jatuh cinta kepada dirimu sendiri
Setelah putus hubungan, kemungkinan besar kau merasa sedikit murung, bersikap kritis kepada setiap kekuranganmu dan mengubahnya menjadi bencana yang amat besar. Kau telah menemukan alasan untuk menyalahkan dirimu sendiri atas putusnya hubungan kalian, tetapi kemungkinan besar, masalahnya benar-benar terletak kepada dirinya, bukan dirimu. Dan, apapun alasan mantan pacarmu, menyalahkan dirimu sendiri tidak akan memenangkan hatinya kembali atau membuatmu melanjutkan hidupmu.

Inilah peluang untuk mengetahui jati dirimu tanpa seseorang yang bisa disebut sebagai pasangan jiwamu. Inilah peluang untuk benar-benar sendirian dan merengkuh jati dirimu sebagai seorang individu. Inilah peluang untuk jatuh cinta kepada dirimu sendiri. Konsep itu mungkin konyol, tetapi kau pasti terkejut saat mengetahui berapa banyak wanita yang menatap cermin dan berharap agar mereka adalah orang lain. Tidak ada orang yang sempurna, dan sesungguhnya, rumput di kebun tetangga pasti selalu tampak lebih hijau.

Kau memiliki behitu banyak hal untuk ditawarkan kepada dunia. Dan hanya karena seorang cowok yang payah tidak menyadari apa yang dimilikinya, itu tidak berarti bahwa kau tidak pantas dicintai. Kau berhutang pada dirimu sendiri untuk meninggikan dirimu sendiri, menghibur hatimu, dan merawat kebutuhanmu. Putusnya hubungan kalian ini bukanlah waktu untuk mengasihi dirimu sendiri. Inilah waktu untuk mengenal dirimu sendiri, merengkuh berbagai hal yang kau sukai, dan mengubah berbagai hal yang tidak kau sukai. Kau harus jatuh cinta kepada dirimu dulu... Lalu menyerahkan sisanya kepada nasib.

Kalimat-kalimat yang ada dibeberapa bab itu yang selalu gue baca berulang-ulang ketika gue putus cinta.. Buku ini yang menjadi salah satu obat disaat gue lagi down, selain keluarga dan teman-teman.. jadi kita harus tetap semangat menjalani kehidupan ..
Jangan pernah nengok kebelakang, dan kita harus tetep melangkah kedepan.


Comments

3 Responses to “Panduan patah hati”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Anonim mengatakan...
24 Juni 2009 03.23

bs dbuat rujukan niy mbak klu lg patah hati...
teruz gmn siiy ceritanya bisa kenal n jadian ma abang giring????HEHEHEHE,cerita dunzz,,,iahhh,,,please....

hihi, terima kasih ya udah baca =)
makanya ikutin terus aja yahh . .

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar